Tips Merawat Perabotan Rumah Tangga Berbahan Kayu

Sumber gambar : https://id.pinterest.com/pin/323203710740765413/

Banyak orang yang menginginkan perabotan rumah tangga yang berbahan kayu. Selain warnanya yang natural warna kayu ini juga sangat pas untuk di jadikan perabotan ataupun pajangan rumah. Tetapi dalam perawatannya Anda harus lebih pintar, karena kayu tersebut bisa rusak dan mudah keropos

Ini beberapa tips agar perabotan kayu tidak mudah keropos, bagus , dan tahan lama , dikutip dari wollipop :

  1. Jangan terkena panas langsung
    Furnitur kayu memiliki kandungan kelembaban tertentu di dalamnya. Oleh karena itu, jangan terkena panas secara langsung, karena dapat menyebabkan furnitur kayu tersebut cepat retak. Termasuk diletakkan di pekarangan rumah sehingga bisa terkena sinar matahari tanpa ada penghalangnya. Warna kayu juga bisa memudar abila sering terkena cahaya matahari. Jadi Anda sebaiknya tidak menempatkan kursi atau meja kayu di dekat kompor atau perapian.

 

  1. Tidak direndam air
    Hindari agar tidak merendam furnitur kayu tersebut di dalam air. Tidak boleh langsung mengguyurnya dengan air karena dapat merusak permukaan furnitur kayu tersebut. Sebaiknya,pakai air hangat dan spons untuk mencucinya. Berikan sedikit saja sabun ke dalam air untuk membersihkannya. Pakailah sikat gigi untuk menyikat sudut-sudut yang sulit. Setelah itu, akhiri dengan mengelapkan kain basah dengan permukaan yang lembut untuk mengelap permukaan kayu secara keseluruhan.

 

  1. Selalu pakai tatakan gelas dan piring
    Untuk menjaga meja kayu agar tetap bagus dan awet, sebaiknya selalu menggunakan tatakan gelas dan piring ketika menyediakan makanan. Jika tidak, akan beresiko meninggalkan noda basah atau panas yang langsung pada permukaan meja kayu.

 

  1. Sering-sering dibersihkan
    Banyak sekali pemilik furnitur kayu yang malas membersihkan perabotan rumahnya. Hal itu bisa menyebabkan kursi, meja, atau lemari kayu tersebut menjadi cepat kotor dan berdebu. Anda harus rutin membersihkan furnitur kayu tersebut jika menginginkan furnitur lebih tahan lama. Setelah dibersihkan, jangan lupa melapisinya dengan sarung atau taplak meja.

 

Manfaatkan semir sepatu
Manfaatkan semir sepatu Anda untuk menyembunyikan retak-retak pada furnitur kayu yang sudah lama. Pilih warna semir yang sama seperti permukaan furnitur Anda. Pada musim hujan, sebaiknya masukkan kursi dan meja kayu ke dalam rumah agar tidak terkena air secara langsung.