Perencanaan Keuangan Untuk Penggantin Baru

Bagi pasangan yang baru saja menikah tentunya mempunyai banyak plan untuk masa depan rumah tangganya ya? Salah satunya dengan merencanakan keuangan bersama. Karena pengantin baru, sudah pasti harus menyatukan pemikiran dan kebiasaan terlebih dahulu sebelum merencanakan keuangan kalian. Awalnya mungkin sulit, karena sudah terbiasa dengan pengelolaan keuangan sendiri untuk kebutuhan sendiri. Dan kali ini harus memikirkan perencanaan untuk keluarga mandiri Anda.

Ada beberapa tips untuk merencanakan keuangan rumah tangga pasangan pengantin baru.

1.     Saling terbuka mengenai pendapatan masing-masing

Karena pasangan baru, tentunya langkah awal harus saling terbuka mengenai pendapatan masing-masing terlebih dahulu ya. Seberapapun pendapatan yang Anda hasilkan, pastikan pasangan Anda tahu dan jangan sampai ada tanggungan yang tidak diketahui pasangan.

2.     Menyamakan tujuan

Setelah Anda saling terbuka mengenai pendapatan Anda, kini saatnya Anda membuat tujuan dan mendiskusikan tujuan apa saja yang akan kalian tuju kedepannya. Usahakan sampai menemui titik dimana tujuan tersebut disetujui oleh pasangan Anda.

3.     Mengatur rencana anggaran dan mengelolakan sesuai kebutuhan

Jika tujuan perencanaan keuangan sudah disepakati, saatnya bagi kalian mengatur rencana anggaran rumah tangga sesuai dengan kebutuhan kalian bersama. Dengan membuat perencanaan keuangan bersama, kalian akan lebih mudah dalam mengatur pengeluaran nantinya.

4.     Merencanakan tabungan

Kalau yang satu ini harus ya. Karena kalian pastinya punya mimpi untuk masadepan dan akan mempunyai keturunan, jadi harus merencanakan tabungan keluarga. Dalam hal ini, kalian harus punya kesepakatan. Siapa yang akan mengurus dan mengelola tabungan keluarga ini.  Usahakan tabungan keluarga ini jangan sampai terpakai karena rencana anggaran yang Anda buat tidak sesuai.

Naaaah,, itulah beberapa tips untuk pengelolaan keuangan bagi pasangan pengantin baru.

Semoga bermanfaat