Memilih lampu sesuai dengan fungsi ruangan

Ada banyak jenis lampu untuk setiap ruangan, tapi sayangnya kita tidak pernah tau apakah lampu tersebut cocok dan berfungsi tepat untuk ruangan atau tidak. Lampu dekoratif merupakan salah satu furniture interior yang paling banyak dilirik untuk mempercantik ruangan dirumah atu bahkan di kantor. Tinggal pilih seperti apa lampu yang diinginkan, pasang dan nyalakan, maka ruang Anda akan terlihat berbeda. Hal ini sudah menjadi daya tarik dalam menciptakan konsep interior. Saat ini memang mudah menemukan aneka lampu hias untuk berbagai ruang di rumah. Namun, karena pilihannya makin beragam dan desain lampu rumah kian memikat, Anda jangan sampai salah pilih.

Pilih lampu hias yang tepat sesuai bentuk dan design ruangan. Secara fungsional lampu dekoratif terbagi menjadi dua: untuk eksterior dan interior. Masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda di antaranya ditentukan oleh bahan pembungkusnya, kain, kayu, metal, akrilik, gelas, dan kombinasi baja dengan kaca es.

ü  Tahan air

Kain merupakan salah satu bahan yang seringkali dipilih sebagai penutup lampu karena banyaknya corak. Untuk ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur, kita bisa memilih lampu hias berbahan kain. Agar aman, lampu hias tidak mudah terbakar, baik pada lampu hias dinding atau pun lampu hias plafon, antara komponen lampu dan cover didesain dengan jarak yang cukup lebar, agar panas tidak sampai ke kain. Pegangannya juga dari bahan yang kokoh seperti stainless steel atau aluminium.

Selain kain, bahan lain yang biasa dipakai sebagai lampu dekoratif indoor adalah metal, seperti stainless steel, aluminium, dan kombinasi gelas dengan metal. Bahan dipilih tergantung dengan konsep interior Anda. Beda fungsi ruangan, beda pula kebutuhan lampunya. Untuk kamar mandi perlu dipilih lampu yang didesain dengan tingkat keamanan tertentu seperti tahan air.

ü  Anti karat

Sementara kamar mandi yang terdiri dari area bathtub, shower dan berhias (grooming) membutuhkan jenis lampu yang berbeda lagi. Ketinggian plafonpun harus dibuat lebih tinggi. Di area bathtub minimal 2,25 m agar cipratan air dari shower tidak mengenai lampu di plafon. Lampu hias sebaiknya terbuat dari bahan gelas.

Pada area berhias untuk menyikat gigi atau berdandan yang terdiri dari wastafel dan cermin, di atasnya juga bisa diberikan pencahayaan lampu dekoratif. Materialnya berupa gelas dengan pegangan stainless steel atau metal finishing chrome atau kombinasi keduanya. Sebelum memilih jangan lupa menyesuaikan ukuran rumah lampu dengan luasan area.

Rumah lampu untuk ruang luar seperti teras, taman, juga membutuhkan spesifikasi tersendiri. Selain dirancang tahan terhadap cuaca ekstrem, rumah lampu dekoratif untuk luar ruangan juga harus tahan debu. Pelindung lampu bisa berupa kaca, aluminium, stainless steel dan bahan sintetis lain.