Baru nikah dan pengen punya rumah? Siapa takut

Pasangan baru menikah dan memiliki keinginan untuk punya rumah sendiri? Jangan hanya karena pendapatan masih kecil terus takut untuk beli rumah sendiri. Padahal sudah ingin mandiri dengan pasangan. Hal itu bisa diatasi asal Kamu punya tips untuk mengelola keuanganmu.

Jadi gak perlu takut belum ada dana terus akhirnya cari rumah sewa. Sama saja mengeluarkan budget untuk sewa setiap bulannya kan? Kenapa harus takut untuk membeli rumah sekalian? Ada tips-tips yang bisa Kamu lakukan untuk membuat impianmu itu menjadi kenyataan. Apa saja itu?

1.    Mulai menabung dengan menyisihkan penghasilan setiap bulan

Naaah,, buat kamu yang baru menikah dan punya rencana untuk punya rumah sendiri agar bisa mandiri, mulailah menabung dengan cara menyisihkan sebagian penghasilanmu dan pasanganmu. Rencanakan tabungan terpisah untuk membeli ataupun membangun rumah tinggalmu nanti. Sebisa mungkin tabungan yang satu ini benarbenar terpisah dari tabungan untuk kebutuhan lain agar bisa benar benar mempersiapkan untuk bisa punya rumah sendiri.

2.    Investasi Jangka Panjang

Ide yang satu ini sebenarnya lebih cocok unutk kamu yang punya penghasilan lumayan besar. Karena jenis simpanan yang satu ini memang hanya bisa diambil dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan. Beda halnya dengan tabungan, simpanan yang satu ini dalam bentuk investasi atau deposit. Namun ini bisa jadi solusi bagi kamu yang paling susah untuk menjaga tabungan karena kebutuhan tak terduga. Untuk investasi ini biasanya tidak bisa dalam jumlah kecil, oleh karena itu lebih cocok untuk kamu yang punya penghasilan lumayan besar. Investasi yang satu ini bukan hanya dalam bentuk uang juga. Bisa jadi dalam bentuk logam mulia ataupun perhiasan.

3.    Jangan Sia siakan Uang Recehan

Jika selama ini uang recehan sering dibuang begitu saja, mulailah untuk mengumpulkan uang receh tersebut sedikit demi sedikit. Bukan tidak mungkin setelah beberapa lama uang receh tesebut menjadi berharga untuk tabungan jangka panjangmu. Cobalah kumpulkan uang receh tersebut dalam kaleng bekas atau botol bekas.

4.    Menekan pengeluaran untuk kebutuhan seperti jalan jalan, nongkrong atau liburan

Untuk kamu yang benar benar ingin mempunyai rumahmu sendiri, cobalah mulai saat ini untuk mengeluarkan pengeluaran untuk sekedar jalan atau nongkrong di cafe dan bahkan liburan atau traveling. Coba simpan uang untuk kebutuhan tersebut sebagai tambahan modal untukmu membeli rumah tinggal yang kamu dan pasangan idamkan. Liburan bisa direncanakan lagi setelah kamu bisa membeli rumah.

5.    Cari Program Rumah Murah agar lebih menekan pengeluaran

Buatmu pasangan baru, cobalah cari program rumah murah untuk lebih menekan pengeluaranmu dalam membeli rumah. Program ini dapat meringankan pengeluaranmu setiap bulannya karena biaya cicilannya murah. Dan proogram yang satu ini akan dapat memudahkan dalam mengatur pengeluaran setiap bulannya. Biasakan untuk membuat rincian pengeluaran agar tidak menimbulkan pembengkakan.